Butuh Seragam Rumah Sakit? Serahkan Saja pada Kami!

Butuh Seragam Rumah Sakit? Serahkan Saja pada Kami!Jika pernah berkunjung ke rumah sakit, tentu sering melihat para petugas yang mengenakan pakaian seragam. Seragam tersebut memiliki manfaat tersendiri bagi petugas serta pasien, sehingga perancangannya juga tidak boleh sembarangan. Lalu, apa saja manfaat dari seragam rumah sakit dan apa saya yang perlu diperhatikan jika ingin membuatnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Mengapa Pegawai Rumah Sakit Perlu Pakai Seragam?

Petugas rumah sakit memiliki peran yang penting dalam melayani pasien dengan sepenuh hati. Pasien atau yang menemani pasien akan selalu membutuhkan peran petugas rumah sakit, baik untuk dilayani maupun hanya sekedar bertanya saja. Untuk mempermudah mengenai mana petugas dan mana bukan tentu dibedakan melalui seragamnya. Selain itu, ada manfaat lain yang dimiliki oleh seragam rumah sakit:

Butuh Seragam Rumah Sakit? Serahkan Saja pada Kami!

1. Identitas rumah sakit

Manfaat pertama yang dimiliki oleh seragam untuk rumah sakit adalah digunakan sebagai identitas dari rumah sakit itu sendiri. Beberapa rumah sakit memiliki seragamnya tersendiri serta ciri khas yang berbeda. Meskipun sekilas akan tampak sama saja, namun jika diperhatikan akan nampak beberapa perbedaan antar rumah sakit.

Untuk mengakomodasi kebutuhan akan seragam yang unik dan nyaman, kami menerima pesanan produk sesuai permintaan pesanan. Pemesan dapat dengan bebas melakukan request desain seperti apa yang akan diproduksi. Kustomisasi bisa dilakukan mulai dari bahan, warna dan lain-lain yang tentunya sesuai selera.

2. Membantu Pengunjung Rumah Sakit

Pengunjung rumah sakit, baik pasien maupun yang mengantarnya membutuhkan petugas untuk melayaninya. Agar mudah dikenali, petugas wajib mengenakan pakaian yang berbeda dengan pasien atau pengunjung rumah sakit. Itulah mengapa di rumah sakit petugas memakai pakaian seragam.

Bayangkan jika petugas tidak menggunakan pakaian seragam, pengunjung akan kesulitan membedakan mana petugas dan mana yang bukan. Belum lagi adanya peluang oknum yang bisa menyesatkan pengunjung rumah sakit. Inilah kegunaan dari adanya penggunaan baju seragam dari rumah sakit

3. Mempermudah Tugas Perawat

Selain pasien dan pengunjung yang merasa terbantu dengan seragam tersebut, tentu ada juga yang terbantu yaitu petugas itu sendiri. Ini akan mempermudah petugas dalam menjalankan pelayanannya, bisa membedakan mana rekannya sendiri dengan pasien yang perlu dilayani.

Selain itu seragam juga bisa meningkatkan kinerja dari petugas rumah sakit. Baju seragam desain senyaman mungkin sehingga tidak menghalangi performa dari petugas itu sendiri. Bayangkan saja jika seragam yang dikenakan tidak nyaman digunakan, tentu petugas akan merasa tidak nyaman juga untuk bekerja.

4. Identitas Petugas

Seseorang ketika melihat orang yang sedang berada di hadapannya menggunakan seragam rumah sakit, pasti akan langsung mengetahui jika ia adalah petugasnya. Pikiran tersebut karena memang sudah menempel di ingatan banyak orang jika identitas seorang petugas rumah sakit itu umumnya menggunakan seragam. Itulah mengapa fungsi lainnya itu disebut sebagai identitas petugas.

Selain dilihat dari seragamnya, identitas perawat juga identik dengan aksesoris tambahan yang dikenakan. Contoh dari aksesoris atau perlengkapan lain seperti sarung tangan, menggunakan masker, atau tanda pengenal. Inilah fungsi dari seragam dan aksesoris tambahan untuk petugas rumah sakit.

Yang Perlu Diperhatikan Jika Membuat Seragam Rumah Sakit

Dalam melakukan perancangan untuk seragam rumah sakit tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini karena terdapat aturan tersendiri untuk memenuhi tujuan dari dibuatnya seragam untuk rumah sakit. Pakaian untuk rumah sakit memiliki prinsip yang wajib aman, cerdas, serta praktis. Berikut ini adalah aspek yang perlu jadi perhatian dalam merancang seragam untuk rumah sakit:

Butuh Seragam Rumah Sakit? Serahkan Saja pada Kami!

1. Kesesuaian dengan Pengguna

Dalam berpakaian, aspek kesesuaian pakaian dengan pemakainya merupakan hal yang penting. Maka dari hal tersebut pakaian harus disesuaikan dengan bagaimana karakteristik dari penggunanya. Karakteristik tersebut dapat berupa jenis kelamin, warna kulit, serta bentuk tubuh. Selain faktor fisik, faktor luar dari pemakai juga berpengaruh seperti apa pekerjaan dari pemakainya.

Berdasarkan prinsip kesesuaian itu,  pakaian rumah sakit harus didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan dengan pengguna dan tujuan dari seragam tersebut. Ini dilakukan untuk membuat kesan yang baik untuk pemakainya yaitu pegawai rumah sakit. Kesesuaian ini dapat berpengaruh positif bagi performa kerja para petugas rumah sakit.

2. Memudahkan Mobilitas

Selanjutnya ada aspek lain dari seragam yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai rumah sakit. Aspek tersebut dinamakan dengan mobilitas, aspek ini merupakan kinerja dari kesiagaan petugas dalam bergerak dan berpindah. Untuk menunjang kemampuan ini, seragam harus didesain dengan bahan yang senyaman mungkin agar tidak menghambat mobilitas pekerja.

Perlu diingat jika kerja petugas rumah sakit ini sangat memiliki mobilitas yang tinggi pada aktivitasnya. Contohnya saja perawat, seorang perawat harus berpindah-pindah ruangan dengan berjalan kaki untuk memperhatikan para pasiennya. Oleh karena itu perawat memerlukan bahan pakaian yang bisa menunjang mobilitasnya yang tinggi itu.

3. Kenyamanan

Faktor kenyamanan tentu tidak bisa lepas dari yang namanya pakaian. Seragam juga masuk ke dalam jenis pakaian, oleh karena itu kenyamanan perlu diperhatikan juga. Kenyamanan memiliki arti sebagai suatu keadaan yang nyaman, maka maksud dari kenyamanan dalam pakaian adalah nyaman tidaknya suatu pakaian.

Demi menciptakan kenyamanan untuk seragam rumah sakit, kami bisa mengakomodasi berbagai permintaan untuk pakaian seragam rumah sakit. Pemesan bisa memilih sendiri bagaimana bahan dan bentuk seragam yang diinginkan. Semua itu dilakukan demi kepuasan pemesan dalam mengadakan seragam yang nyaman untuk pekerjanya.

4. Perlindungan

Dalam definisinya pada KBBI, perlindungan memiliki arti sebagai suatu perbuatan melindungi. Pada hal ini seragam berfungsi untuk melindungi tubuh pemakai agar senantiasa aman dan selamat. Banyak bahaya yang bisa mengintai pekerja rumah sakit sewaktu-waktu. Oleh karena itu pakaian seragam perlu didesain untuk memberikan perlindungan bagi pekerja.

Untuk memenuhi kebutuhan akan perlindungan pada seragam ini, kami bisa menyediakan beragam jenis bahan. Pemesan bisa mencoba beberapa sampel bahan terlebih dahulu sebelum memesan. Pilihlah bahan terbaik yang bisa melindung petugas atau pekerja rumah sakit.

5. Kepraktisan

Suatu pakaian seragam yang baik, mestilah dapat digunakan dan dilepas dengan mudah. Maka dari itu pakaian harus didesain secara seksama agar penggunaannya praktis dan tidak menyulitkan pekerja. Beberapa hal perlu ditimbangkan seperti penggunaan jenis kancing, ukuran pakaian, dan hal lainnya.Selain itu tadi garis-garis desain harus dibuat sedemikian rupa untuk menyesuaikan bentuk tubuh pemakai. 

Bedakan garis desain untuk seragam wanita dengan seragam untuk pria. Hal ini karena keduanya memiliki lekuk tubuh yang berbeda, ini berpengaruh pada kemudahan dan kenyamanan pemakainya. Untuk membantu hal ini kami bisa memberikan layanan berupa konsultasi dari mulai proses pemesanan hingga produk jadi. Tentunya hal itu bisa didapat dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik.

Itu dia ulasan tentang manfaat dan cara merancang seragam rumah sakit yang baik. Ingin membuat seragam yang bagus dan nyaman? Langsung saja hubungi kami untuk pemesanan dan konsultasi pembuatan seragam. Seragam yang baik akan berpengaruh pada banyak hal di rumah sakit, oleh karena itu jangan sampai menyampingkan urusan seragam ini.

Hubungi WA kami klik disini 

Info Terkait :

Add a Comment