Pakaian yang bersih dan kinclong tentu menjadi dambaan setiap orang. Noda yang membandel kerap kali sulit dibersihkan padahal sudah dengan berbagai cara. Mulai dari pembersih cair pakaian yang dijual di pasaran sampai menggunakan bahan alami sudah dilakukan. Namun noda tetap membekas pada pakaian kesayangan atau burukya pada pakaian kerja. Tentu saja memalukan jika dilihat teman. Ternyata petunjuk pencucian perlu diperhatikan lho.

Jika disadari, mungkin bukan salah pembersih cair atau bahan alami yang digunakan. Anda sudah menengok cara Anda dalam mencuci? Bukan memeras pakaian atau mesin cuci yang bermasalah tapi cara Anda mencuci apakah sudah sesuai petunjuk pencucian pada pakaian? Tidak jarang rasanya membiarkan petunjuk pakaian padahal di situlah petunjuk agar pakaian tetap terlihat kinclong. Yuk cari tahu simbol pencucian berikut.

  1. Simbol segitiga

Segitiga pada petunjuk pencucian mengindikasikan untuk pemutih. Simbol segitiga polos menunjukkan pakaian boleh diberikan pemutih jika diperlukan. Beda lagi dengan segitiga yang diberikan tanda silang, berarti pakaian Anda tidak boleh dipakaikan pemutih.

Satu lagi simbol segitiga yang jarang ada pada petunjuk pencucian namun harus dikethui adalah simbol segitiga yang dilengkapi dengan tanda miring dua. Ini menandakan pakaian Anda boleh diberikan pemutih, namun pemutih yang mengandung khlorin.

Baca Juga: Seragam Kerja Tak Lagi Membosankan Kalau Tahu 5 Keuntungannya Ini

  1. Mesin cuci

Anda pasti tahu dan sering melihat simbol yang satu ini. Sudah jelas ini mengindikasikan boleh dicuci pada mesin cuci namun dibedakan pada penggunaan air. Simbol mesin cuci yang diberikan tanda dot atau titik satu berarti Anda dianjurkan untuk mengunakan air dingin untuk hasil yang maksimal.

Sedangkan titik dua, berarti baiknya Anda menggunakan air hangat agar pakaian tetap terjaga kualitasnya. Lain halnya dengan titik tiga. Walaupun jarang sekali, simbol ini menunjukkan pakaian akan lebih baik jika dicuci dengan air panas. Tapi perlu diingat, untuk merendam jangan gunakan air panas karena pakaian Anda bisa menyusut.

  1. Simbol gosokan

Nah. Untuk yang satu ini hampir mirip dengan simbol mesin cuci. Memiliki simbol dot atau titik dari satu sampai tiga. Berpengaruh pada temperatur, simbol gosokan yang memiliki dot satu berarti digosok dengan suhu yang rendah. Sedangkan dua dot menunjukkan suhu medium dan suhu tinggi untuk dot tiga pada simbol gosokan.

Beginilah petunjuk yang harus diperhatikan baik sebelum mencuci sampai proses menggosok. Pahami dan terapkan petunjuk ini agar pakaian tetap terjaga kebaruannya. Tentu pakaian yang terus terihat baru membuat orang lain senang meiihatnya sekaligus penasaran dengan cara cerdas mencuci Anda.